Home » Simulasi Pendadaran » Tanya-jawab : DAMPAK PILKADA 2005 TERHADAP NETRALITAS BIROKRASI

Tanya-jawab : DAMPAK PILKADA 2005 TERHADAP NETRALITAS BIROKRASI

Statistik

  • 1,573,804 Kunjungan

TANYA JAWAB

Bagaimana pengertian birokrasi?

Sekumpulan tugas dan jabatan yang terorganisasi secara formal, yang saling berhubungan dalam jenjang kompleks, di bawah pembuat tugas atau peran formal (role-makers).

Birokrasi merupakan keseluruhan aparat pemerintah yang beraktivitas menerapkan kebijakan-kebijakan pemerintah kepada warga negara dalam penyediaan layanan publik sesuai dengan tugas dan fungsi serta levelnya masing-masing.

Bagaimana model birokrasi ideal menurut Weber?

Adanya pemisahan administrasi dari proses politik, sehingga birokrat diharapkan bisa bersikap netral dalam hal politik.

Model birokrasi Weber ini memuat asumsi bahwa birokrasi menjalankan fungsi “administratif’, yaitu menerapkan kebijakan publik yang dibuat melalui proses “politik” yang dilakukan oleh pejabat politik, bukan birokrat karir.

Bagaimana pengelompokan birokrasi didasarkan pada tugas dan fungsinya?

1. Birokrasi Pemerintahan Umum, yaitu rangkaian organisasi pemerintahan yang menjalankan tugas-tugas pemerintahan umum, termasuk memelihara keamanan dan ketertiban dari tingkat pusat sampai ke daerah. Fungsi utama ini bersifat mengatur atau regulative function.

2. Birokrasi Pembangunan, yaitu organisasi pemerintahan yang menjalankan salah satu bidang sektor yang khusus guna mencapai tujuan pembangunan. Fungsi utamanya adalah development function atau adaptive function.

3. Birokrasi Pelayanan, yaitu unit organisasi pemerintahan yang pada hakikatnya merupakan bagian yang berhubungan dengan masyarakat. Fungsi utamanya adalah pelayanan langsung kepada masyarakat.

Ketiga fungsi utama birokrasi tersebut, mengandung makna bahwa birokrasi pemerintah memiliki fungsi untuk: 1) pengaturan; 2) administrasi; dan 3) pelayanan langsung kepada masyarakat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: