Home » Tesis Magister Manajemen » PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT AMICO ART AND CURIO SEMARANG

PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT AMICO ART AND CURIO SEMARANG

Statistik

  • 1,573,804 Kunjungan

INTISARI

 

Banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara organizational citizenship behaviour (OCB) dengan faktor-faktor lain, misalnya motivasi kerja dan kepuasan kerja. Dalam hal ini tidak berlebihan jika menyatakan bahwa kepuasan kerja berhubungan dengan OCB.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh bentuk-bentuk OCB: kemauan untuk membantu karyawan lain, kepatuhan karyawan, dan sportivitas karyawan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan di PT Amico Art and Curio Semarang; dan meneliti faktor yang paling dominan yang mempengaruhi kepuasan kerja pada karyawan PT Amico Art and Curio Semarang.

Ada dua metode analisis data yang digunakan, yaitu metode deskriptif dan metode inferensial (statistik). Metode analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan data yang diperoleh dari hasil penelitian di lapangan. Metode statistik dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda.

Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Ada pengaruh dari faktor-faktor OCB, yaitu kemauan untuk membantu karyawan lain, kepatuhan karyawan, dan sportivitas karyawan secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja pada karyawan PT Amico Art and Curio Semarang. Hal ini dapat diketahui dari nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel. Secara teoritis apabila F hitung lebih besar dari F tabel berarti bahwa ada pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Dalam penelitian ini semua pengaruh tersebut adalah signifikan pada nilai α = 0.05 degree. Hal ini berarti bahwa hipotesis 1 yang diajukan dalam penelitian ini diterima.

Dari semua variabel bebas, variabel sportivitas karyawan (X3) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan kerja karyawan (Y). Hal ini diketahui dari nilai t hitung (3.778) yang lebih besar dari t tabel (1.980) yang merupakan nilai pengaruh yang tertinggi dibanding pengaruh variabel lainnya.

 

Kata Kunci :  organizational citizenship behaviour (OCB), kepuasan kerja.

 

 


Leave a comment

  1. Robinhood Tindige says:

    Saya pesan judul : HUBUNGAN PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMITMEN

    PS:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: