Home » Skripsi Ekonomi Manajemen » PENGARUH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PERIODE TAHUN 1999-2000

PENGARUH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PERIODE TAHUN 1999-2000

Statistik

  • 1,573,385 Kunjungan


st1\:*{behavior:url(#ieooui) }

/* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:”Table Normal”; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-parent:””; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:”Times New Roman”; mso-ansi-language:#0400; mso-fareast-language:#0400; mso-bidi-language:#0400;}

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

A.   Latar Belakang Masalah

Kegiatan investasi di bursa efek dapat diketahui dengan mengikuti pergerakan dan perkembangan harga saham dan volume perdagangan saham yang terjadi pada transaksi di lantai bursa. Dalam menentukan keputusan investasi, biasanya investor akan mendasarkan keputusannya pada berbagai input (masukan) informasi yang dimilikinya, baik informasi yang bersifat publik (umum) maupun informasi yang bersifat privat (internal perusahaan). Informasi-informasi tersebut dapat dikatakan memiliki makna atau nilai bagi para investor jika keberadaan informasi-informasi itu mampu memberikan apa yang diinginkan oleh investor dalam melakukan transaksi di pasar modal. Transaksi ini tercermin pada perubahan harga saham dan volume perdagangan saham. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk mengetahui makna atau nilai suatu informasi dapat dilakukan dengan mempelajari kaitan antara keberadaan informasi dengan pergerakan harga saham dan volume perdagangan saham pada transaksi di pasar modal.

Ada beberapa peristiwa yang menjadi dasar bagi pelaku-pelaku pasar untuk mengambil keputusan investasinya, dan biasanya peristiwa tersebut mengandung informasi yang dibutuhkan oleh para investor. Informasi-informasi inilah yang menuntun investor mengambil keputusan investasinya. Misal, informasi yang tersirat dan tersurat dari berbagai aktivitas perusahaan (corporate action) seperti pemecahan saham (stock split), penawaran terbatas (right issue), saham bonus dan beberapa peristiwa lainnya.

Right issue adalah hak bagi pemegang saham lama untuk membeli terlebih dahulu saham baru yang dikeluarkan oleh emiten, biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar, menurut perbandingan jumlah saham yang dimiliki oleh masing-masing pemegang saham lama (Ronald dan Donald, 1997 : 451). Karena merupakan hak, maka investor tidak terikat untuk membelinya. Ini berbeda dengan saham bonus atau dividen yang otomatis diterima oleh pemegang saham. Pilihan terhadap alat investasi ini karena kemampuannya memberikan penghasilan yang sama dengan membeli saham biasa, tetapi dengan modal yang lebih rendah. Imbalan yang diterima oleh pembeli right issue adalah sama dengan membeli saham biasa, yaitu dividen dan capital gain.

Right Issue sebagai salah satu corporate action perusahaan merupakan usaha yang ditempuh oleh perusahaan (emiten) untuk memenuhi kebutuhan dana dalam berbagai kegiatan perusahaan. Secara teoritis pengumuman right issue mampu menyebabkan harga saham bereaksi secara negatif, nilai pasar saham mengalami penurunan sekitar 2% hingga 3% pada saat pengumuman right issue dilakukan oleh emiten (JRAI, 1999 : 92). Hal ini wajar terjadi mengingat harga saham pada saat pelaksanaan right issue selalu di bawah harga pasar. Terjadinya penurunan harga tersebut disebabkan oleh adanya informasi yang kurang menguntungkan (bad news) mengenai kondisi laba perusahaan di masa yang akan datang, demikian pula halnya dengan volume perdagangan. Dengan logika sederhana, adanya informasi yang kurang menguntungkan dari pengumuman right issue yang dipublikasikan oleh emiten akan menyebabkan saham sedikit peminatnya. Akibatnya dalam kurun waktu yang relatif singkat volume perdagangan saham dalam transaksi di bursa akan mengalami penurunan.

Secara umum, kebijakan right issue yang dilakukan oleh perusahaan atau emiten merupakan upaya untuk menghemat biaya emisi serta untuk menambah jumlah saham yang beredar. Di samping itu kebijakan right issue juga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan perusahaan untuk memperoleh dana segar yang akan digunakan untuk kegiatan operasi perusahaan. Lazimnya, usaha penambahan jumlah lembar saham di pasar modal diharapkan akan meningkatkan frekuensi perdagangan saham tersebut. Dengan kata lain, kebijakan right issue ditujukan untuk peningkatan likuiditas saham.

Dalam kesempatan penelitian ini, studi empiris mengenai right issue akan dilakukan dengan menggunakan metode studi peristiwa (event study). Kebanyakan studi peristiwa mengkaji peristiwa yang berkaitan dengan aktivitas perusahaan (corporate action) seperti pembagian dividen, pemecahan saham, perubahan kepemilikan, perubahan kebijakan pemerintah, dan lain sebagainya. Mengingat corporate action merupakan salah satu informasi yang dibutuhkan investor sebagai dasar pengambilan keputusan investasinya, maka pada kesempatan penelitian ini penulis akan menguji apakah pengumuman right issue yang dipublikasikan oleh emiten mempunyai kandungan informasi yang mampu menyebabkan saham-saham bereaksi terhadap pengumuman tersebut. Reaksi saham tersebut akan ditunjukkan oleh perubahan aktivitas volume perdagangan (trading volume activity) saham-saham yang akan diteliti.

Dari uraian latar belakang di atas, maka penulis mengambil judul “Pengaruh Pengumuman Right Issue Terhadap Volume Perdagangan Saham di Bursa Efek Jakarta.“

 

B. Rumusan Masalah

Dari latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka permasalahan dalam studi ini dapat dirumuskan sebagai berikut :

“Apakah pengumuman right issue yang dipublikasikan oleh emiten memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume perdagangan saham di Bursa Efek Jakarta pada tahun 1999 sampai dengan tahun 2000.”

 

C. Batasan Masalah

Dalam penelitian ini penulis membatasi pada pengaruh pengumuman right issue terhadap volume perdagangan saham biasa yang ditunjukkan oleh perubahan variabel aktivitas volume perdagangan (trading volume activity) saham pada periode jendela. Penelitian ini dilaksanakan dalam periode waktu tahun 1999 sampai dengan tahun 2000 di Bursa Efek Jakarta.

 

D. Tujuan Penelitian

Dengan memperhatikan rumusan masalah yang telah dibentuk di atas, maka penelitian ini diarahkan untuk melihat serta menganalisis apakah pengumuman right issue yang dipublikasikan oleh emiten memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume perdagangan saham. Pengaruh right issue akan dilihat dari perilaku aktivitas volume perdagangan saham tersebut di seputar tanggal pengumuman.

 

E. Manfaat Penelitian

1.  Bagi Investor

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar pengambilan keputusan investasi bagi investor yang berkeinginan mengembangkan bisnis beserta modal yang dimilikinya.

2.  Bagi Penelitian Berikutnya

Penelitian ini dapat menjadi salah satu sumber pustaka serta dapat dijadikan dasar kerangka berpikir untuk pengembangan penelitian selanjutnya.

 

F.    Sistematika Penulisan

BAB  I   PENDAHULUAN

Bab ini berisi latar belakang masalah, batasan masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika penulisan.

BAB  II TINJAUAN PUSTAKA

Bab ini   berisi   teori-teori yang mendukung analisis  pengaruh pengumuman right issue  terhadap  volume perdagangan  saham  di pasar modal serta pembentukan hipotesis yang diperlukan untuk pengujian.

BAB III METODE PENELITIAN

Bab ini berisi jenis penelitian, subyek dan obyek penelitian, pemilihan data penelitian, data yang dibutuhkan, teknik pengumpulan data, definisi variabel dan teknik analisis data.

BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN

Bab ini berisi hasil analisis dari data yang diperoleh di BEJ yang dihitung berdasarkan metode penelitian yang ada serta dibahas berdasarkan hasil perhitungannya.

BAB  V  KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini berisi kesimpulan dari keseluruhan hasil penelitian serta saran kepada pihak-pihak yang memanfaatkan penelitian ini.


Leave a comment

  1. Leticia Sari says:

    Saya pesan judul : pengaruh biaya dan harga penjualan terhadap volume penjualan beras globus

    PS: tlg segera bls supaya gua bisa tahu

  2. clara says:

    Saya pesan judul : tentang deviden kas

    PS: analisis faktor yang mempengaruhi deviden kas pada sektor properti di BEI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: