Home » Skripsi Ilmu Ekonomi (IESP) » ANALISIS PENINGKATAN JUMLAH PELANGGAN DI PT. PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN JARINGAN MALANG

ANALISIS PENINGKATAN JUMLAH PELANGGAN DI PT. PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN JARINGAN MALANG

Statistik

  • 1,573,804 Kunjungan

ABSTRAK

 

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Perusahaan dalam meningkatkan jumlah pelanggan serta variabel mana yang paling berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pelanggan.

Dalam penelitian terdapat dua variabel yaitu variabel bebas atau variabel independent dan variabel terikat atau variabel dependent. Variabel bebasnya adalah Gaji (X1), Pelatihan (X), Lingkungan Kerja (X), dan Masa Kerja (X) sedangkan variabel terikatnya adalah jumlah pelanggan (Y). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan bagian pemasaran dengan jumlah 182 karyawan dan jumlah sampel 46 orang.

Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda dan salah satu syarat untuk bisa menggunakan persamaan regresi linear berganda adalah terpenuhinya uji asumsi klasik yaitu Uji Autokorelasi, Normalitas, Multikolinearitas, Heteroskedastisitas. Untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel-variabel tersebut maka digunakan Koefisien Determinasi. Uji F digunakan untuk mengetahui apakah variabel gaji, pelatihan, lingkungan kerja, masa kerja secara simultan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pelanggan sedangkan Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruhnya secara parsial.

Dari hasil analisis dimana terpenuhi asumsi tidak terdapatnya Autokorelasi, Multikolinearitas, Heteroskedastisitas serta terpenuhinya uji kenormalan. Diketahui bahawa variabel gaji, pelatihan, lingkungan kerja, dan masa kerja secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah pelanggan yang dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (19.570 > 2.786) dengan tingkat signifikasi 0.000. sedangkan variabel gaji, pelatihan, lingkungan kerja, dan masa kerja mampu mempengaruhi jumlah pelanggan sebesar 65.6% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Secara Parsial variabel gaji, pelatihan, lingkungan kerja, dan masa kerja mampu memberikan pengaruh signifikan terhadap kenaikan jumlah pelanggan yang dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (2.094 untuk gaji, 2.811 untuk pelatihan, lingkungan kerja sebesar 3.101 dan 2.558 untuk masa kerja) sedangkan t tabel untuk tingkat signifikasi 0.05 dengan db residual = 41 yaitu 2.007.

Saran yang dapat diberikan yaitu dengan melihat variabel yang paling dominan yaitu variabel lingkungan kerja hendaknya dipertahankan dan ditingkatkan dalam meningkatkan jumlah pelanggan.

 

 

 

ABSTRACT

 

This research aims to study the roles of company and to determine the most affecting factors in increasing the number of customer.

There are two variables in this research, independent and dependent variables. Independent variable includes salary (X1), training (X2), working environment (X3), and Working period (X4). In other hand, dependent variable consists of the number of costumer (Y). The population of this research is employees of marketing section totally 182 employees and the sample contains 46 people.

The analysis tools utilized in this research is doubled linear regression and of the requirements to utilize double linear regression equation is that classical assumption test, autocorrelation, normality, multikolinearity, heterokedastisity, must be fulfilled. To infer the affect of those variables, determination coefficient is applied. F test is used to determine whether variables of salary, training, working environment, and working period affect simultaneously to the increasing number of customer, while t test is used to determine their effects partially.

From the results of analysis, where assumption of the absence of auto correlation, multikolinearity, heterokedastisity and the normality test are fulfilled. It can be inferred that salary, training, working environment, and working period have significant effect to the increase of customer as shown by Fcount > Ftable (19.570 > 2.786) with significance level 0.000. While salary, training, working environment, and working period variables are able to affect the number of customer 65,6% and the other is affected by other variables. Partially, variables of salary, training, working environment, and working period bring significant effect to the increase of customer as shown by the value of t count > t table (2.094 for salary, 2,811 for training, 3.101 for working environment and 2.558 for working period), while t table for significance level 0.05 with db residual = 41 that is 2.007.

It is suggested that by seeing the most dominant variables, that is working environment, should be maintain and improved to increase the number of customer.

 

 

BAB 1

PENDAHULUAN

 

1.1 Latar Belakang

Pengembangan Negara-negara modern dewasa ini sangat tergantung pada pembangunan mutu sumber daya manusia dan pengorganisasian kegiatan mereka dalam masyarakat. Model sumber daya alam, bantuan luar negri, dan pandangan luar negri jelas memainkan peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi, namun tidak ada yang lebih penting daripada sumber daya manusia.

Pembangunan sumber daya manusia pada hakekatnya merupakan upaya penyempurnaan, pendayaan dan pembinaan keseluruhan unsur sistem pengeloloaan sumber daya manusia. Pada pokoknya meliputi penataan organisasi, peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia diharapkan memiliki disiplin, kemampuan profesional, wawasan pembangunan dan semangat pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Adapun yang menjadi tujuan dari pengembangan terhadap sumber daya manusia itu adalah sebagai berikut :

            1. Diarahkan untuk menjamin penyelenggaraan tugas-tugas dan meningkatkan kemampuan secara berdaya guna dan berhasil.

            2. Meningkatkan mutu, keterampilan serta memupuk kegairahan kerja.

            3. Diarahkan menuju terwujudnya komposisi sumber daya manusia (karyawan) dalam perusahaan, baik dalam jumlah maupun mutu yang memadai, serasi, dan harmonis.

            4. Diarahkan pada penyaluran, penyebaran dan pemanfaatan sumber daya manusia secara teratur terpadu dan seimbang.

            5. Diarahkan kepada pembinaan dengan menggunakan sistem karier dan sistem prestasi kerja.

                        Proses pengembangan sumber daya manusia adalah suatu kondisi yang harus ada dan terjadi disuatu perusahaan. Namun demikian dalam pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia ini perlu mempertimbangkan faktor-faktor internal dan eksternal. Faktor internal disini mencakup : 

            1. Misi dan tujuan perusahaan.

            2. Strategi Pencapaian tujuan.

            3. Sifat dan jenis kegiatan.

            4. Jenis teknologi yang digunakan.

                        Sedangkan faktor-faktor eksternal terdiri dari :

            1. Kebijaksanaan pemerintah.

            2. Sosio-budaya masyarakat.

            3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Notoatmodjo, 2003).

                        Dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup dan mengembangkan perusahaan inilah, maka menjadi suatu kewajiban bagi perusahaan untuk membina karyawannya sehingga dapat memperbaiki kualitas dan meningkatkan prestasi karyawan. Secara tidak langsung maka perusahaan akan memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk mengembangkan kompetensinya.  Karyawan yang terlatih sangat dibutuhkan perusahaan yaitu karyawan yang terampil, mandiri, beretos kerja, profesional, disiplin serta menghargai waktu. 

Dewasa ini sektor jasa mulai memegang peranan penting dalam perekonomian dunia, di banyak negara hampir 70 % dari total angkatan kerjanya menekuni sektor ini. Salah satunya adalah sektor kelistrikan. 

Agar jumlah pelanggan meningkat, maka diperlukan suatu pengelolaan yang baik dan teliti terhadap sumber daya manusia. Faktor yang cukup dominan berpengaruh adalah lingkungan kerja. Dengan fasilitas dan lingkungan kerja yang nyaman maka karyawan akan lebih semangat dalam bekerja sehingga akan meningkatkan pula kualitas karyawan itu sendiri. Faktor-faktor lain yang juga berpengaruh bagi karyawan untuk meningkatkan jumlah pelanggan adalah gaji, tingkat pelatihan, dan masa kerja. 

Salah satu instrumen dalam pengembangan sumber daya manusia adalah melalui pelatihan ini tujuan yang hendak dicapai pada dasarnya adalah peningkatan kemampuan dan kemauan. Kesamaan pola pikir yang dinamis dan bernalar agar memiliki wawasan yang komprehensif, memantapkan semangat, pengabdian, meningkatkan pengetahuan, keahlian atau ketrampilan serta pembentukan sedini mungkin kepribadian karyawan atau pegawai. Dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup dan mengembangkan organisasi inilah, maka menjadi suatu kewajiban bagi suatu perusahaan untuk membina karyawannya dari segi keahlian sehingga dapat memperbaiki kualitas dan meningkatkan prestasi karyawan. Melalui pembinaan tersebut maka organisasi secara tidak langsung akan memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk mengembangkan kompetensinya, sehingga karyawan yang terlatih akan sesuai dengan kebutuhan organisasi yaitu karyawan yang terampil, mandiri, beretos kerja, profesional, disiplin serta menghargai waktu.

Sektor kelistrikan seperti halnya sektor-sektor jasa yang lain, dituntut untuk dapat menjaga tingkat pelayanaan kerja yang baik  dimata masyarakat dalam menjalankan operasionalnya. Oleh karena itu penelitian ini akan meneliti bagaimana Peranan PT. PLN (Persero) APJ Malang dalam meningkatkan jumlah pelanggan.

Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui peranan perusahaan dalam meningkatkan jumlah pelanggan Karena diharapkan karyawan menjadi mampu menyelesaikan tugas dan pekerjaan tepat pada waktunya selain itu diharapkan akan mendorong karyawan agar mempunyai etos dan semangat kerja yang tinggi sehingga mampu meningkatkan kualitas kerjanya.

Peningkatan kualitas karyawan secara langsung akan berpengaruh pada kemajuan dan keberhasilan perusahaan. Tetapi seperti halnya perusahaan PT. PLN (Persero) APJ Malang menghadapi masalah dalam meningkatkan kinerja karyawan. Dalam hal ini pelaksanaan program peningkatan kinerja karyawan belum optimal.

Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengangkat judul penelitian dalam suatu penulisan skripsi dengan tema ” Analisis Peningkatan Jumlah Pelanggan Di PT. PLN (Persero) Area Pelayanan Jaringan Malang ” 

 

 

 

1.2 Perumusan Masalah

Pada hakekatnya peningkatkan kualitas kerja mencakup sikap mental yang memiliki pandangan untuk melakukan dan mendapatkan sesuatu yang lebih baik dari apa yang telah ada.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka secara singkat permasalahan yang dapat diambil dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :

            1. Bagaimanakah peranan perusahaan dalam meningkatkan jumlah pelanggan ?

            2. Apakah variabel gaji, pelatihan, lingkungan kerja ,dan masa kerja mempunyai pengaruh dalam meningkatkan jumlah pelanggan ?

 

1.3 Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

            1. Untuk menganalisis peranan perusahaan dalam meningkatkan jumlah pelanggan.

            2. Untuk mengetahui apakah variabel gaji, pelatihan, lingkungan kerja, dan masa kerja mempunyai pengaruh dalam meningkatkan jumlah pelanggan.

 

 

 

 

 

1.4 Manfaat Penelitian

Sedangkan manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :

            1. Bagi penulis, hasil penelitian ini dapat memberikan jawaban tentang peranan perusahaan dalam meningkatkan jumlah pelanggan.

            2. Bagi perusahaan, hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran dan bahan masukan dalam meningkatkan jumlah pelanggan.

            3. Sebagai masukan bagi pihak-pihak terkait dalam menentukan kebijaksanaan maupun pembinaan ketenagakerjaan. 

 


1 Comment

  1. ulie says:

    tertarik dengan judul ini…. good

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: