Home » Skripsi Akuntansi » DAMPAK PELAPORAN RUGI SELISIH KURS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONESIA

DAMPAK PELAPORAN RUGI SELISIH KURS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONESIA

Statistik

  • 1,573,385 Kunjungan

DAMPAK PELAPORAN RUGI SELISIH KURS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONESIA

 

Oleh :

Dyah Santi Palupi

 

Dosen Pembimbing :

Dr. Sutrisno T., SE, Msi, Ak.

 

 

ABSTRAK 

 

 Dalam penelitian Chandrarin dan Tearney (2000) menyatakan bahwa perubahan harga saham memiliki korelasi positif yang sangat signifikan terhadap rugi selisih kurs, kemudian mereka menyimpulkan bahwa penyajian rugi selisih kurs berpengaruh terhadap harga saham. Jadi, dikatakan pula bahwa pasar modal bereaksi terhadap penyajian rugi selisih kurs.    

 Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara spesifik pengaruh dari penyajian rugi selisih kurs terhadap harga saham. Dalam penelitian ini digunakan regresi berganda untuk menganalisa hubungan penyajian rugi selisih kurs terhadap harga saham. Sampel penelitian ini terdiri atas 154 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang usaha. Data penelitian diperoleh dari Pojok BEJ Universitas Brawijaya dan website Jakarta Stock Exchange. Periode penelitian adalah tahun 2003 dan 2004.

 Hasil yang diperoleh dari penelitian ini mendukung hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara penyajian rugi selish kurs dengan harga saham.

 

 

Kata kunci :  Rugi selisih kurs, Laba per lembar saham, Harga saham 

 

THE EFFECT OF REPORTING OF EXCHANGE RATE LOSSES ON THE STOCK PRICE REACTION

 

Author :

Dyah Santi Palupi

 

Advisor :

Dr. Sutrisno T., SE, Msi, Ak.

 

ABSTRACT 

 

 

 In their previous study, Chandrarin and Tearney (2000) documented that the changes of stock price is correlated significantly positive with the exchange rate loss. They concluded that the reporting of exchange rate losses affects stock price. Thus, stock market responds to the reporting exchange rate losses.

The purpose of this study is to specifically examine the effect of reporting exchange rate losses on the stock price. Multiple Regression is used to analyze the relationship between exchange rate loss and stock price. The sampel of this study is 154 companies. The data derived from BEJ Corner at Brawijaya University and the website of Jakarta Stock Exchange for the year of 2003 and 2004.  

The result of this study supported the hypothesis that there is a correlation between reporting of exchange rate losses and stock price.

 

 

 

Key words  :  Exchange rate losses, Earning per share, Stock price.

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1. Latar Belakang Masalah

Semakin pesatnya perkembangan dunia usaha menyebabkan banyak perusahaan yang mulai berani untuk berhubungan dengan dunia internasional. Hal ini terlihat dari transaksi perdagangan perusahaan yang dilakukan di luar negri, yakni kegiatan ekspor impor dan investasi luar negri. Tentu saja transaksi perdagangan yang dilakukan menggunakan  mata uang asing, karena akan sangat merepotkan bila setiap negara hanya ingin menggunakan mata uangnya sendiri dalam melakukan aktivitas bisnisnya.

Transaksi perdagangan yang menggunakan mata uang asing melibatkan dua mata uang asing didalamnya. Dalam pelaporan transaksi yang menggunakan mata uang asing, salah satu mata uang harus didenominasikan ke dalam mata uang lainnya. Adanya perbedaan nilai mata uang antar negara menimbulkan masalah dalam pencatatan dan pelaporannya. Masalah perlakuan akuntansi ini timbul karena suatu transaksi diperoleh dan dibayar dalam mata uang asing yang berbeda. Transaksi dalam mata uang asing sering menimbulkan keuntungan dan kerugian karena adanya perbedaan nilai kurs tukar dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi anak perusahaan di luar negri.

Perusahaan di Indonesia yang melakukan transaksi perdagangan dengan mata uang asing telah memiliki pedoman yakni PSAK No.10 dan PSAK No.11 yang menjelaskan mengenai pengungkapan dan penjabaran transaksi mata uang asing serta pelaporannya dalam laporan keuangan. 

Penjabaran dan pelaporan atas transaksi mata uang asing diperlukan karena laporan keuangan perusahaan merupakan pertanggungjawaban dari pihak manajemen kepada pemegang saham, masyarakat, pemerintah, lembaga keuangan, investor dan lainnya.

Dalam hubungannya dengan investor, keputusan investasi para investor tidak hanya memperhatikan tingkat keuntungan yang diharapkan tetapi resiko investasi. Secara intuitif tentunya ada hubungan positif antara tingkat keuntungan dan resiko. Masalahnya bagaimana mendefinisikan resiko tersebut, terutama dalam konteks pemilihan investasi. Bila seseorang investor menentukan pilihan investasinya pada saham yang berfluktuatif, saham tersebut bisa saja menjadi barang yang tidak berharga apabila kondisi perusahaan emiten itu ternyata kemudian bangkrut.

Laporan keuangan merupakan salah satu sumber informasi yang penting dalam pengambilan keputusan investasi. Investor akan menganalisa seluruh komponen yang terdapat dalam laporan keuangan yang terdiri dari neraca, laporan laba-rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan. Investor akan memanfaatkan semua informasi dan kinerja keuangan perusahaan yang terdapat dalam laporan keuangan untuk mengambil keputusan investasi.

Komponen laporan keuangan yang sering digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan adalah laporan laba-rugi. Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk mengamati hubungan antara informasi laba dan perubahan sekuritas. Penelitian tentang hubungan antara transaksi mata uang asing dengan reaksi yang timbul dalam pasar modal antara lain dilakukan oleh Ball dan Brown (1968) dan Chandrarin dan Tearney (2000). 

Pada penelitian ini peneliti akan menyoroti pengaruh  rugi selisih kurs yang terdapat dalam laporan laba-rugi terhadap harga saham. Laba-rugi kurs merupakan salah satu komponen informasi akuntansi. Hal ini dapat mempengaruhi pendapatan, karena laba-rugi selisih kurs dalam banyak kasus laba-rugi selisih kurs dilaporkan pada laporan laba-rugi (Chandrarin dan Tearney, 2000). Hal ini konsisten dengan penelitian Ball dan Brown (1968), laba-rugi kurs merupakan salah satu komponen laporan laba-rugi yang diduga menyebabkan reaksi pada pasar modal.

Penelitian ini didasari dari penelitian sebelumnya, yakni penelitian mengenai pengaruh pelaporan rugi selisih kurs terhadap reaksi pasar modal oleh Chandrarin dan Tearney (2000). Sampel yang digunakan adalah 106 perusahaan yang terdapat dalam COMPUTAT tahun 1995-1996. Penelitian menggunakan model empiris yang diestimasikan dengan OLS dan multiple regression. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan adanya hubungan antara pelaporan rugi selisih kurs dan harga saham, harga saham merespon positif rugi selisih kurs yang direfleksikan pada laba. Hidayat (2004) juga melakukan penelitian mengenai pengaruh pelaporan rugi selisih kurs terhadap harga saham. Sampel yang digunakan adalah 18 perusahaan dari berbagai macam bidang usaha yang terdaftar di BEJ untuk tahun 1999-2001. Penelitian menggunakan model empiris yang diestimasikan dengan regresi berganda dalam menganalisa data. Hasil dari penelitian ini tidak konsisten dengan penelitian yang dilakukan oleh Chandrarin dan Tearney (2000), yakni tidak ada pengaruh yang signifikan antara pelaporan rugi selisih kurs dengan harga saham.

Terdapatnya perbedaan dari hasil kedua penelitian tersebut memberikan motivasi bagi peneliti untuk melakukan penelitian kembali mengenai “DAMPAK PELAPORAN RUGI SELISIH KURS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONESIA”. Hasil penelitian nantinya diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak, terutama bagi investor dalam melakukan pengambilan keputusan investasi. Selain itu penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peneliti selanjutnya.

 

1.2  Motivasi Penelitian

Penelitian ini didasari dari penelitian sebelumnya, yakni penelitian yang dilakukan oleh Hidayat (2004) melakukan penelitian mengenai pengaruh pelaporan rugi selisih kurs terhadap harga saham. Sampel yang digunakan adalah 18 perusahaan dari berbagai macam bidang usaha yang terdaftar di BEJ untuk tahun 1999-2001. Penelitian menggunakan model empiris yang diestimasikan dengan regresi berganda dalam menganalisa data. Hasil dari penelitian ini  adalah  tidak ada pengaruh antara pelaporan rugi selisih kurs dengan harga saham. Hal ini berlawanan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Chandrarin dan Tearney (2000) yang melakukan penelitian mengenai pengaruh pelaporan rugi selisih kurs terhadap reaksi pasar modal. Sampel yang digunakan adalah 106 perusahaan yang terdapat dalam COMPUTAT tahun 1995-1996. Penelitian menggunakan model empiris yang diestimasikan dengan OLS dan multiple regression. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan adanya hubungan antara pelaporan rugi selisih kurs dan harga saham, harga saham merespon positif rugi selisih kurs yang direfleksikan pada laba. 

Adanya perbedaan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Hidayat (2004) dan Chandrarin dan Tearney (2000), memotivasi peneliti untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh pelaporan rugi selisih kurs terhadap harga saham Peneliti ingin mengetahui apakah jika dilakukan penelitian ulang dengan menggunakan sampel yang lebih banyak dan periode data yang berbeda, hasil penelitian akan konsisten dengan penelitian sebelumnya.

 

1.3    Perumusan Masalah dan Pembatasan Masalah

1.3.1 Perumusan Masalah

Berdasarkan pada latar belakang masalah di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah pelaporan rugi selisih kurs akan berpengaruh positif terhadap harga saham?

1.3.2 Pembatasan Masalah

Dalam penyusunan skripsi ini agar pembahasan tidak terlalu meluas dan memberikan pemahaman yang sesuai dengan permasalahan yang ada, maka peneliti akan membatasi ruang lingkup penelitian sebagai berikut:  

            1. Pelaporan rugi selisih kurs dan pengaruhnya terhadap harga saham.

            2. Sebagai obyek penelitian peneliti mengambil data selama dua tahun, dari tahun 2003 dan 2004 pada perusahaan yang Go Public di BEJ.

            3. Penelitian ini hanya akan mengamati perusahaan-perusahaan yang terdaftar di BEJ pada tahun 2003 dan 2004 dan mempublikasikan laporan keuangan per 31 Desember 2003, dan per 31 Desember 2004.

            4. Pengamatan harga saham perusahaan yang terdaftar di BEJ dibatasi hanya selama dua tahun, yakni  tahun 2003 dan 2004.

 

 

1.4  Tujuan Penelitian

Sesuai dengan perumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini  adalah: untuk menguji secara empiris apakah terdapat pengaruh yang positif dari pelaporan rugi selisih kurs terhadap harga saham pada perusahaan.

 

1.5  Kontribusi Penelitian

1.      Bagi Peneliti, merupakan kesempatan untuk mempelajari masalah-masalah yang sebenarnya sebagai pengembangan ilmu, menambah wawasan dan pengetahuan yang berhubungan dengan transaksi perdagangan mata uang asing dan pasar modal.

2.      Bagi Investor, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi investor untuk pengambilan keputusan investasi yang berkaitan dengan informasi transaksi mata uang asing yang terdapat dalam laporan keuangan.

3.      Bagi Akademis, dapat digunakan sebagai bahan literatur bagi penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan kandungan informasi transaksi mata uang asing yang terdapat dalam laporan keuangan dan sebagai referensi dalam memperbanyak wawasan perkuliahan.

 


5 Comments

  1. srie says:

    saya sedang mengambil judul yang kurang llebih seperti itu. klu tidak keberatan tolong dikirim versi lengkapnya ya, tks

  2. Reki says:

    Tolong dong kirimin skripsi ke email ku yg berjudul dampak pelaporan rugi selisih kurs terhadap harga saham pada perusahaan publik di indonesia.yg lngkap ya.makasih

  3. desmy says:

    tolong donk kirimin ke email saya,,,skripsi “DAMPAK PELAPORAN RUGI SELISIH KURS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONESIA”
    dan USAHA MENGURANGI BIAYA PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TARGET COSTING DAN KAIZEN COSTING (Studi Kasus Pada PT Pesona)..
    thx

  4. dovi says:

    tolong kirimin dong,…..ke emails saya skripsi yang berjudul dampak pelaporan rugi selisih kurs terhadapsaham pada perusahaan publik di bej

  5. nopri says:

    Tolong anda kirimkan ke email skripsi dengan judul pengaruh pelaporan rugi selisih kurs terhadap harga saham

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: