Home » Skripsi Akuntansi » PENGUKURAN KUALITAS, PRODUKTIVITAS, DAN EFISIENSI UNTUK IMPLEMENTASI AKUNTANSI MANAJEMEN (Studi Kasus pada PT. Gudang Garam, Tbk Kediri)

PENGUKURAN KUALITAS, PRODUKTIVITAS, DAN EFISIENSI UNTUK IMPLEMENTASI AKUNTANSI MANAJEMEN (Studi Kasus pada PT. Gudang Garam, Tbk Kediri)

Statistik

  • 1,417,792 Kunjungan

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah dan Alasan Pemilihan Judul

Dewasa ini perkembangan dunia bisnis semakin pesat dan keadaan perekonomian duniapun dapat berubah dengan intensitas yang cukup tinggi, di mana hal ini baik secara langsung ataupun tidak langsung mempengaruhi keadaan dan eksistensi sebuah perusahaan. Pimpinan perusahaan harus mengikuti perkembangan zaman dan perubahan yang terjadi pada segala aspek di lingkungan perusahaan sehingga mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya. Di samping itu pihak manajemen perusahaan harus mampu mengindikasikan dengan akurat kompetisi yang terjadi di pasar dan bagaimana strategi yang harus diterapkan oleh perusahaan untuk memenangkan persaingan tersebut. Kesemuanya itu telah menyadarkan para pimpinan perusahaan bahwa hanya perusahaan yang dikelola dengan sangat baik yang dapat berkembang dengan baik dalam lingkungan yang stabil dan menguntungkan.

Pada era krisis ekonomi ini perilaku konsumen menjadi lebih rasional dan cermat, mereka lebih mengutamakan nilai (value) dari produk yang mereka beli. Nilai (value) merupakan perbandingan antara keuntungan (benefit) dan biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk menikmati manfaat dari produk tersebut. Dalam rangka menyediakan nilai bagi konsumen perusahaan perlu mengembangkan produk yang benar-benar bernilai, artinya produk tersebut tidak hanya memenuhi selera konsumen melainkan juga harus tersedia harga yang layak dan terjangkau oleh konsumen yang menjadi pangsa pasar perusahaan.

Persaingan usaha di industri rokok semakin kompetitif karena semakin banyak perusahan rokok yang menawarkan berbagai jenis produk yang cukup variatif dan dengan harga yang bersaing. Hal ini mengharuskan PT. GUDANG GARAM, Tbk Kediri sebagai perusahaan terbesar di dunia rokok untuk mampu mengatur strategi sehingga perusahaan mampu tetap exsist dalam persaingan dengan perusahaan-perusahaan baru yang bermunculan. Untuk menjaga keberlangsungan usahanya perusahaan harus mampu melakukan analisa pengukuran kinerja baik secara finansial maupun secara nonfinansial. 

Sistem pengukuran kinerja untuk organisasi atau perusahaan (performance measurement system) telah banyak mengalami perubahan. Selama ini keberhasilan kinerja suatu perusahaan selalu mengandalkan pengukuran secara finansial seperti laba tinggi, peningkatan penjualan, peningkatan return on invesment (RoI) dan lain sebagainya, dimana pengukuran ini hanya memberikan gambaran keberhasilan yang telah dicapai perusahaan dalam jangka pendek. Pengukuran secara finansial tidak bisa mengevaluasi perubahan-perubahan yang terjadi pada perusahaan untuk mengahadapi persaingan yang semakin kompetitif. Di samping itu, pengukuran kinerja secara finansial memiliki keterbatasan atau kesulitan dalam pengendalian aktivitas produksi sehingga manajer harus mampu mengantisipasi kondisi tersebut. Untuk itu dibutuhkan suatu alat pembanding agar dicapai suatu pengukuran yang lebih baik, yaitu dengan menggunakan ukuran kinerja secara nonfinansial yang meliputi mutu, sediaan, produktivitas, kinerja mesin, on time delivery, kepuasan konsumen, cycle time, dan lain sebagainya.

Selama ini akuntansi tradisional lebih banyak memfokuskan pada alat ukur kinerja finansial, seperti anggaran atau biaya standar. Alat ukur kinerja finansial seperti itu tetap diperlukan, tetapi dalam perkembangannya para praktisi dan peneliti menyadari bahwa pengukuran kinerja tradisional yang menitikberatkan pada kinerja finansial tidak lagi bisa mengakomodasikan lingkungan bisnis yang semakin dinamis, sehingga muncul sistem pengukuran kinerja yang menginginkan keseimbangan antara kinerja finansial dan kinerja nonfinansial. Dalam melakukan pengukuran kinerja manajemen dengan memakai tolak ukur kinerja nonfinansial kita perlu melakukan pengukuran terhadap variabel-variabel tolak ukur nonfinansial. Pada penelitian ini penulis melakukan pengukuran kinerja nonfinansial khususnya pada manajemen produksi dengan menggunakan tiga variabel yaitu kualitas, produktivitas, dan efisiensi.

Setiap konsumen selalu menuntut produk yang memiliki kualitas baik, sehingga konsumen dapat memperoleh kepuasan atas produk tersebut. Untuk melakukan pengendalian terhadap kualitas produk mulai dari proses produksi sampai produk ada di tangan konsumen, tentunya manajemen memerlukan suatu alat ukur kinerja. Dengan adanya pengendalian kualitas yang baik perusahaan dapat mengetahui adanya suatu kesalahan sedini mungkin pada proses produksi, sehingga dapat dihindari adanya produk cacat dan tidak sesuai dengan standar perusahaan. Demikian juga dengan pengukuran tingkat produktivitas menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan output tertentu, sehingga dapat diketahui apakah perusahaan tersebut produktif atau tidak.

Konsumen selain menginginkan produk yang berkualitas juga menginginkan produk tersebut ada di tangan konsumen dengan cepat, dalam hal ini berkaitan dengan tingkat efisiensi perusahaan. Perusahaan harus mampu memaksimalkan efisiensi perusahaan dengan mempertimbangkan delivery cycle time atau berkaitan dengan kinerja perusahaan yang berhubungan dengan waktu produksi, yaitu waktu yang dibutuhkan dari proses produksi sampai produk tersebut dipasarkan dan sampai di tangan konsumen (Garrison dan Noreen, 2002). Dan apabila perusahan menginginkan suatu kinerja produksi yang efisien, perusahaan perlu mengurangi delivery cycle time-nya. Pengukuran tingkat efisiensi ini dilakukan untuk mengetahui delivery performance-nya.

PT. Gudang Garam, Tbk sebagai perusahaan rokok terbesar dengan kapasitas produksi dan jenis produk yang beragam, menggunakan pengukuran kinerja finansial dan pengukuran kinerja nonfinansial. Pengukuran kinerja nonfinansial diperlukan untuk memastikan bahwa kualitas produk yang dihasilkan oleh PT. Gudang Garam, Tbk sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan merupakan aspek yang sangat penting untuk diperhatikan karena hanya dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan perusahaan dapat bertahan di pasaran. Kemampuan suatu produk dapat bertahan di pasar merupakan penentu apakah perusahaan dapat terus bertahan atau tidak. Dengan pengukuran kinerja nonfinansial perusahaan dapat mengetahui sedini mungkin apabila terjadi kesalahan selama proses produksi sehingga dapat segera diselesiakan. Selain itu pengukuran kinerja secara nonfinansial ini juga diperlukan sebagai penyeimbang dari alat ukur kinerja finansial yang pada akhir periode menunjukkan hasil kinerja perusahaan secara keseluruhan dalam bentuk laporan keuangan perusahaan.

Berdasarkan gambaran permasalahan yang telah diuraikan di atas, maka peneliti bermaksud mengangkatnya ke dalam sebuah karya ilmiah dengan judul “Pengukuran Kualitas, Produktivitas, dan Efisiensi untuk Implementasi Akuntansi Manajemen” (Studi Kasus pada PT. GUDANG GARAM, Tbk Kediri).

 

1.2 Rumusan Masalah 

1.      Bagaimana pengukuran kualitas, produktivitas dan efisiensi dilihat dari kinerja nonfinansial untuk manajemen produksi di PT. Gudang Garam, Tbk?

2.      Bagaimana pelaporan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sebagai pengukuran kinerja manajemen di PT. Gudang Garam, Tbk? 

 

1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.3.1 Tujuan Penelitian

1.      Untuk melihat hasil usaha perusahaan dalam menjaga dan meningkatkan kualitas, produktivitas, dan efisiensi perusahaan.

2.      Untuk mengukur dan melaporkan hasil pengukuran terhadap kualitas, produktivitas, dan efisiensi perusahaan.

3.      Untuk melakukan penilaian dan menjelaskan hasil pengukuran yang telah dilakukan sehingga dapat diambil suatu kesimpulan yang bermanfaat bagi operasi perusahaan selanjutnya.

 

1.3.2 Manfaat Penelitian

1.      Bagi penulis, bermanfaat sebagai media untuk menerapkan dan mengaplikasikan teori-teori yang diperoleh selama kuliah dan juga untuk menambah pengalaman di bidang penelitian.

2.      Bagi perusahaan, sebagai pertimbangan dan sumbangan penelitian bagi perusahaan dalam merumuskan strategi perusahaan dan sebagai bahan perbandingan terhadap langkah-langkah yang telah diambil.

3.      Bagi pihak lain, sebagai sumbangan informasi pada semua pihak yang terkait dengan topik penelitian ini sekaligus sebagai bahan perbandingan untuk peneliti-peneliti lain.

 

1.4  Sistematika Pembahasan

BAB I       PENDAHULUAN

 Menguraikan tentang latar belakang pemilihan dan penulisan judul, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika pembahasan.

 

BAB II      LANDASAN TEORI

 Menguraikan tentang landasan teori yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas oleh peneliti dalam karya ilmiah ini.

BAB III    METODOLOGI PENELITIAN

 Menguraikan tentang prosedur penelitian yang digunakan, penjelasan mengenai sumber dan informasi-informasi lain yang dibutuhkan dalam penelitian ini serta model analisa yang digunakan.

BAB IV   PEMBAHASAN

 Membahas pokok permasalahan yang diawali dari gambaran umum perusahaan secara singkat yang menjadi obyek penelitian dan pembahasan dari data yang diperoleh dengan menggunakan teknik analisa data yang telah ditentukan.

BAB V      KESIMPULAN DAN SARAN

 Mengemukakan tentang kesimpulan dari keseluruhan pembahasan dan memberikan saran-saran yang mungkin dapat digunakan sebagai bahan tambahan pemikiran bagi semua pihak yang berkepentingan.

About these ads

20 Comments

  1. dedeh says:

    saya tertarik dengan makalah anda dan saya butuh sebagai referensi untuk tugas saya.Barangkali berkenan untuk mengirim email ke saya secepatnya.Terimakasih

  2. evie says:

    Saya tertarik menggunakan karya ilmiah anda sebagai referensi skripsi saya… mohon dikirimi y file lengkapnya ke email saya… tq…..

  3. dian says:

    saya tertarik mengambil judul ini untuk skripsi saya. bisakah saya minta data lengkap untuk refrensi saya untuk studi kasus perusahaan lain? terima kasih, saya tunggu email dari anda.

  4. jeffry says:

    bisa nga skripsi nya dikirim ke saya, saya sangat tertarik.
    Terima kasih

  5. Tulisan yang bagus. Bila berkenan, mhn saya dikirimi dokumen lengkapnya. Terima kasih.

    Salam
    Soekartawi
    Jln Mandar III-DC-1-No. 6
    Bintaro Jaya, Sektor 3A, Jakarta Selatan 12000.

  6. alex says:

    saya tertarik dg judul skripsi anda …. tlg kirim ke email saya buat referensi skipsi saya, klu bs secepatnya ya….!!!!!!!! sblm dan sesudahnya saya ucapkan bnyk terima ksh.tq

  7. MAULANA says:

    saya tertarik dengan judul paper anda…boleh tak kirimin k email saya…thax b4

  8. moc says:

    Saya tertarik dengan judul anda dan saya membutuhkan nya sbg refrensi paper saya. Tolong krm k alamat email saya. Thx.

  9. benny says:

    saya butuh referensi dan cara perhitungan mengenai metode Omax. tolong dikirim ke email sy secepatnya. terimakasih sebelumnya.
    saya gunakan untuk laporan Kerja Praktek saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 95 other followers

%d bloggers like this: