Home » Skripsi Akuntansi » Audit Manajemen Sumber Daya Manusia pada PT. Bank Jatim

Audit Manajemen Sumber Daya Manusia pada PT. Bank Jatim

Statistik

  • 1,412,213 Kunjungan

AUDIT MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

PADA PT. BANK JATIM

 

 

 

Abstraksi

 

Penelitian ini dilakukan untuk menilai efektivitas fungsi sumber daya manusia di PT. Bank Jatim. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat efektivitas pengelolaan sumber daya manusia dan untuk menemukan kendala/ masalah yang dapat menghambat fungsi sumber daya manusia kemudian memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitasnya. Fungsi sumber daya manusia difokuskan antara lain pada fungsi: perencanaan tenaga kerja, penarikan tenaga kerja, seleksi penerimaan tenaga kerja, penempatan dan orientasi, pelatihan dan pengembangan, penilaian prestasi kerja, pemberian kompensasi, perencanaan dan pengembangan karir, kesehatan dan keselamatan kerja, pemeliharaan hubungan dengan karyawan, serta pemutusan hubungan kerja dan pemensiunan.

Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, kuisioner, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif yang diawali dengan penetapan suatu kriteria (criteria). Langkah selanjutnya adalah dengan penentuan penyebab (causes) yang merupakan tindakan-tindakan yang dilakukan maupun yang tidak manajemen atau pegawai perusahaan untuk memenuhi kriteria akan tetapi tidak dilakukan. Selanjutnya menentukan akibat (effects) yang merupakan hasil pengukuran atau perbandingan antara penyebab dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Proses ini diakhiri dengan pemberian rekomendasi untuk perbaikan kepada manajemen.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fungsi sumber daya manusia di PT. Bank Jatim dapat dikatakan sudah efektif. Berdasarkan sebelas fungsi yang diaudit, hanya ada dua yang belum efektif yakni pada proses penempatan dan orientasi serta pada fungsi pemeliharaan hubungan dengan karyawan. Oleh karena itu, PT. Bank Jatim harus terus berupaya untuk memperbaiki kinerja fungsi sumber daya manusianya sehingga produktivitas perusahaan bisa meningkat.

 

 

Kata Kunci: audit manajemen, efektivitas, fungsi sumber daya manusia

HUMAN RESOURCES MANAGEMENT AUDIT

IN PT. BANK JATIM

 

 

Abstract

 

 

This research was done to evaluate the effectivity of human resources function in PT. Bank Jatim. The purposes of this research are to recognize the effectiveness’ grade of human resources function and to find out the problems that might be pursuing the function then give recommends to optimize the potensials. This function research foccused to the other functions such as human resources planning, recruitment, selection, placement and orientation, training and development, performance appraisal, compensation, career development, health and employee protection, maintenance the relation with the employees, then separation and pension.

This research use descriptive method by case study approach. The instruments for data collecting are interviews, questionnaires, documentations, and observations. The data analysis that used is the qualitative method which begin by determined some criterias. Then, establish the causes that show the actual action that was done or not by the employees or the management to fulfilling the criterias tha specified. After that, figure out the effects that represent the measurement or the comparison between the criterias and the causes. This process terminated by giving the recommendations to the manager to repair the management.

The conclusion of this research that can be expressed about the human resources function in PT. Bank Jatim is effective enough. From the eleven functions that have already examined, only two that haven’t effective yet. Those are in placement and orientation function and in maintenance the relation with the employees function. Based of the result, PT. Bank Jatim have to keep stiving to improve the peformance of their human resources function so they can reach the high quality of their productivity.

 

Keywords: management auditing, effectiveness, human resources function

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.   Latar Belakang

Manusia merupakan faktor penentu yang terpenting dalam kemajuan jaman. Hal tersebut harus diakui karena perkembangan dunia sekarang ini adalah hasil dari pemikiran manusia untuk mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan hidup manusia itu sendiri. Di bidang ekonomi dan bisnis, hal tersebut berhubungan dengan kemampuan perusahaan-perusahaan untuk mengikuti laju perkembangan dan kepekaan perusahaan-perusahaan tersebut terhadap perubahan yang terjadi di dunia bisnis. Oleh karena itu, faktor manusia dalam perusahaan harus dikelola dengan baik untuk menunjang produktivitas perusahaan agar perusahaan dapat unggul dalam persaingan usaha.

Manajemen sumber daya manusia diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusia dalam perusahaan. Efektivitas dapat dipahami sebagai derajat keberhasilan suatu organisasi (perusahaan) dalam usahanya untuk mencapai apa yang menjadi tujuan organisasi (perusahaan) tersebut (Johny Setyawan, 1998). Dengan pengelolaan sumber daya manusia yang tepat, akan menunjukkan bagaimana perusahaan bisa mendapatkan, mengembangkan, dan mengevaluasi karyawan sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan guna mencapai tujuan perusahaan.

Manajemen sumber daya manusia diselenggarakan oleh bagian tersendiri dalam perusahaan yang disebut fungsi sumber daya manusia (SDM). Fungsi SDM bertanggung jawab dalam mengelola dan meningkatkan sumber daya manusia yang dimiliki. Selain itu, fungsi SDM juga berusaha untuk selalu memonitor kegiatan serta kebutuhan-kebutuhan SDM dalam perusahaan agar tercipta suasana yang harmonis di lingkungan kerja. Untuk mengembangkan fungsi SDM, harus disadari bahwa manusia bukanlah benda mati sebab manusia memiliki perasaan, oleh karena itu SDM tidak hanya membutuhkan materi tetapi juga membutuhkan pengakuan dan penghargaan atas prestasi dan kontribusi mereka terhadap perusahaan (Nitisemito, 1996).

Apabila perusahaan ingin tetap unggul dalam persaingan, maka perusahaan harus melakukan perbaikan secara rutin. Suatu audit atas sumber daya perusahaan dapat membantu manajer mengidentifikasikan penyimpangan antara kondisi aktual dengan kondisi yang diinginkan. Audit tidak hanya dapat memperlancar perubahan tetapi juga dapat digunakan sebagai suatu alat atau instrumen untuk perbaikan. Melalui audit manajemen sumber daya manusia, kebijakan serta sistem kerja fungsi SDM dapat dinilai.

 Penelitian di PT. Bank Jatim ini dilakukan untuk memastikan rencana-rencana perusahaan, mengidentifikasikan peluang-peluang penyempurnaan dan merekomendasikan tindakan korektif yang perlu dilakukan. Berdasarkan uraian di atas maka skripsi ini ditulis dengan judul:

“Audit Manajemen Sumber Daya Manusia pada PT. Bank Jatim”

 

 

1.2.   Rumusan Masalah

Berdasarkan hal-hal yang diuraikan di atas, maka permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah:

      1. Bagaimana kinerja yang dilakukan fungsi SDM PT. Bank Jatim? Apakah kegiatan yang dilakukan fungsi SDM telah efektif?

      2. Saran atau rekomendasi apa yang dapat diberikan atas berbagai kelemahan yang ditemukan?

 

 

1.3.   Batasan Masalah

Berdasarkan pokok permasalahan yang telah dirumuskan, maka penelitian ini terbatas pada:

      1. Audit fungsi sumber daya manusia yang meliputi:

            a. Perencanaan tenaga kerja,

            b. Penarikan/ recruiting,

            c. Seleksi,

            d. Penempatan dan orientasi,

            e. Pengembangan dan pelatihan,

            f. Penilaian prestasi,

            g. Kompensasi,

            h. Perencanaan dan pengembangan karier,

            i. Perlindungan tenaga kerja,

            j. Hubungan dengan tenaga kerja,

            k. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan pemensiunan.

      2. Penilaian efektivitas dilakukan dengan membandingkan antara aktifitas aktual pada fungsi-fungsi spesifik manajemen sumber daya manusia dengan kriteria yang merupakan acuan keberhasilan yang bersumber dari tujuan dan kebijakan manajemen pada fungsi-fungsi spesifik manajemen sumber daya manusia.

 

 

1.4.   Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah:

      1. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat efektivitas pengelolaan sumber daya manusia melalui penilaian fungsi SDM di PT. Bank Jatim.

      2. Menemukan kendala dan masalah yang dapat menghambat pelaksanaan fungsi-fungsi sumber daya manusia, kemudian memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas.

 

 

1.5.   Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini adalah:

      1. Bagi perusahaan

Manfaat bagi perusahaan adalah agar perusahaan dapat mengetahui sejauh mana perusahaan telah dapat melaksanakan pengelolaan sumber daya manusia serta mendapatkan masukan hal-hal apa saja yang masih harus lebih diperhatikan berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia yang dilakukan oleh departemen manajemen sumber daya manusia.

      2. Bagi penulis

Manfaat bagi penulis adalah agar penulis dapat membandingkan teori yang didapat di bangku kuliah serta menambah wawasan tentang ilmu audit manajemen sumber daya manusia.

3. Bagi masyarakat umum

Manfaat bagi masyarakat umum atau pihak yang tidak terkait langsung adalah adanya harapan dari hasil penelitian ini untuk dapat dijadikan referensi dan dapat digunakan sebagai dokumentasi ilmiah yang berguna untuk pengembangan ilmu dan teknologi.

About these ads

11 Comments

  1. kekekoro says:

    ada nggak lnjutanx ampe bab 5,….???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 94 other followers

%d bloggers like this: