Home » Skripsi Akuntansi » REAKSI PASAR TERHADAP PUBLIKASI LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN (STUDI TERHADAP SAHAM LQ-45 DI BURSA EFEK JAKARTA)

REAKSI PASAR TERHADAP PUBLIKASI LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN (STUDI TERHADAP SAHAM LQ-45 DI BURSA EFEK JAKARTA)

Statistik

  • 1,417,884 Kunjungan

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Peran aktif lembaga pasar modal sangat dibutuhkan dalam membangun perekonomian sebuah negara. Lembaga pasar modal merupakan sarana untuk mengalokasikan sumber daya ekonomi secara optimal dengan mempertemukan kepentingan investor selaku pihak yang memiliki kelebihan dana dengan peminjam selaku pihak yang membutuhkan dana.

Inti dari kegiatan pasar modal adalah kegiatan investasi, yaitu kegiatan menanamkan modal baik langsung maupun tidak langsung dengan harapan pada waktunya nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut. Bagi para investor, melalui pasar modal mereka dapat memilih obyek investasi dengan beragam tingkat pengembalian dan tingkat risiko yang dihadapi, sedangkan bagi para penerbit (issuers atau emiten) melalui pasar modal mereka dapat mengumpulkan dana jangka panjang untuk menunjang kelangsungan usaha mereka.

Pengambilan keputusan investasi dalam saham memerlukan pertimbangan-pertimbangan, perhitungan-perhitungan, dari analisis yang mendalam untuk menjamin keamanan dana yang diinvestasikan serta keuntungan yang diharapkan oleh investor. Calon investor harus mengetahui keadaan serta prospek perusahaan yang menjual surat berharganya. Hal ini dapat diperoleh dengan mempelajari dan menganalisis informasi yang relevan. Suatu informasi dikatakan relevan bagi investor jika informasi tersebut mampu mempengaruhi keputusan investor untuk melakukan transaksi di pasar modal yang tercermin pada perubahan harga.

Salah satu informasi yang dianggap relevan oleh para investor adalah laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan adalah salah satu informasi publik yang dapat digunakan untuk merevisi dan mendeteksi harga sekuritas seperti saham, obligasi, dan sekuritas lainnya. Jika pelaku pasar modal menggunakan laporan keuangan sebagai informasi yang relevan dalam pengambilan keputusan investasi, seharusnya laporan keuangan yang diumumkan pada publik mampu mempengaruhi harga sekuritas. Dengan kata lain, pasar bereaksi terhadap pengumuman laporan keuangan. Reaksi tersebut ditunjukkan dengan adanya perubahan harga dan volume perdagangan saham perusahaan yang melakukan pengumuman laporan keuangan.

Laporan keuangan sebagai hasil akhir dari proses akuntansi memang dirancang untuk menyediakan kebutuhan informasi bagi calon investor, kreditur, dan pemakai eksternal lainnya untuk pengambilan keputusan investasi, kredit dan pengambilan keputusan lainnya (Arumsari 2003). Beberapa studi mengenai hubungan antara laporan keuangan dengan return dan volume perdagangan saham, antara lain dilakukan oleh Beaver (1968) dalam Bandi dan Jogiyanto (2000) yang mengamati reaksi investor atas publikasi laba saham biasa di sekitar tanggal publikasi. Pengujian kandungan informasi atas publikasi laporan laba tahunan ini menemukan bukti bahwa pengumuman laba menyebabkan abnormal stock price performance dan unexpected trading volume.

Husnan et al. (1996) dalam Yudha (2005) meneliti dampak laporan keuangan terhadap kegiatan perdagangan saham dan variabilitas tingkat keuntungan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pada tanggal pengumuman laporan keuangan, kegiatan perdagangan maupun variabilitas tingkat keuntungan lebih tinggi dibandingkan dengan periode di luar tanggal pengumuman.

Penelitian selanjutnya dilakukan oleh Hanafi (1997) yang mengembangkan penelitian Husnan et al. (1996) dengan menambahkan abnormal return sebagai salah satu variabel penelitiannya. Hasil penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa publikasi laporan keuangan mempunyai pengaruh terhadap pasar .

Arumsari (2003) juga melakukan kajian return saham untuk mengetahui reaksi pasar modal di sekitar tanggal publikasi laporan keuangan. Sampel yang digunakan adalah seluruh perusahaan yang masuk dalam Indeks LQ 45 di Bursa Efek Jakarta dengan menggunakan laporan keuangan tahunan (tahun 2001). Hasil studi yang dilakukannya menunjukkan terjadi abnormal return yang signifikan di periode publikasi laporan keuangan tahunan.

Berdasarkan uraian di atas, peneliti termotivasi untuk mencoba menguji konsistensi hasil penelitian dengan mengacu pada penelitian sebelumnya melalui penelitian pada perusahaan-perusahaan yang masuk dalam Indeks LQ-45 semester I dan II tahun 2004 di Bursa Efek Jakarta. Meneruskan penelitian yang dilakukan Arumsari (2003) yang mengamati reaksi pasar terhadap peristiwa pengumuman laporan keuangan tahunan, studi ini berusaha untuk mengamati reaksi pasar terhadap publikasi laporan keuangan tahunan dengan tetap mempergunakan variabel abnormal return dan trading volume activity.

Pertimbangan untuk mengetahui apakah laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan dapat mempengaruhi beliefs para investor dalam membuat keputusan investasi didasarkan pada Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal Nomor Kep-17/PM/2002, peraturan nomor X.K.2 tentang kewajiban penyampaian laporan keuangan berkala, laporan keuangan tahunan dan tengah tahunan bersifat wajib sedangkan laporan keuangan triwulanan bersifat sukarela. Pertanyaan yang muncul ialah apakah laporan keuangan tahunan memiliki kandungan informasi dan relevan sebagai dasar pengambilan keputusan investasi yang ditunjukkan dengan adanya abnormal return dan trading volume activity yang signifikan disekitar tanggal publikasi laporan keuangan tahunan (Yudha 2005).

Peneliti akan melakukan pengujian dengan menggunakan penelitian studi peristiwa (event study) untuk mencari bukti reaksi pasar terhadap laporan keuangan tahunan. Reaksi pasar dalam penelitian ini diwakili dengan abnormal return dan trading volume activity (TVA) saham LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan tahun 2004.

Berdasarkan latar belakang seperti diuraikan di atas, penulis terdorong untuk membahasnya dalam Kertas Karya Utama yang berjudul : “Reaksi Pasar Terhadap Publikasi Laporan Keuangan Tahunan (Studi Terhadap Saham LQ-45 di Bursa Efek Jakarta)”

1.2. Pokok Permasalahan

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, pokok permasalahan yang akan dibahas pada Kertas Karya Utama ini adalah :

1. Apakah terdapat abnormal return di sekitar tanggal publikasi laporan keuangan tahunan?

2. Apakah ada perbedaan rata-rata abnormal return sebelum dan sesudah publikasi laporan keuangan tahunan?

3. Apakah terdapat trading volume activity (TVA) di sekitar tanggal publikasi laporan keuangan tahunan?

4. Apakah ada perbedaan rata-rata trading volume activity (TVA) sebelum dan sesudah publikasi laporan keuangan tahunan?

1.3. Batasan Masalah

Dalam pembahasan masalah ini dibatasi pada :

1. Sampel yang diambil dalam penelitian ini hanya saham yang masuk dalam kriteria LQ-45 yang tercatat di Bursa Efek Jakarta selama tahun 2004.

2. Reaksi pasar dalam penelitian ini hanya diproksikan dengan return saham dan trading volume activity (TVA).

3. Return saham yang dipergunakan adalah return yang terjadi karena adanya gain/loss atas harga saham pada suatu periode dikurangi dengan harga saham pada periode sebelumnya. Penghitungan return tidak melibatkan dividen per lembar saham.

4. Jenis saham adalah saham biasa.

5. Penelitian dilakukan hanya untuk pengamatan pada peristiwa pengumuman laporan keuangan tahunan periode 2004.

1.4. Tujuan Penelitian

Penulis mempunyai tujuan penelitian sebagai dasar titik pencapaian dalam melakukan penelitian. Adapun tujuan ini adalah:

a) Memperoleh bukti empiris adanya abnormal return di seputar tanggal publikasi laporan keuangan tahunan.

b) Memperoleh bukti empiris adanya perbedaan rata-rata abnormal return sebelum dan sesudah publikasi laporan keuangan tahunan.

c) Memperoleh bukti empiris adanya trading volume activity (TVA) di seputar tanggal publikasi laporan keuangan tahunan.

d) Memperoleh bukti empiris adanya perbedaan rata-rata trading volume activity (TVA) sebelum dan sesudah publikasi laporan keuangan tahunan.

1.5. Manfaat Penelitian

Manfaat yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah:

a. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi investor, kreditur, BAPEPAM, BEJ dan bahwa laporan keuangan suatu perusahaan dapat digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan suatu perusahaan dan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

b. Memperluas wawasan bagi penulis dan berbagai pihak atas pengaruh publikasi laporan keuangan tahunan terhadap reaksi pasar.

c. Bagi para akademisi, Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya.

About these ads

2 Comments

  1. lechir says:

    kalo mo ngasi info jangan stengah-stengah donk, kan qta jdi cape dechhhhh

  2. harwati says:

    bisakah saya mendapatkan alamat email dari penulis judul diatas. saya mahasiswa unri semester akhir ingin menyusun skripsi, saya tertarik dengan judul ini. bisakah saudara membalas email saya .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 95 other followers

%d bloggers like this: